RAW di Canon Pocket dengan menggunakan CHDK

kenapa menggunakan CHDK? keunggulan CHDK untuk infrared fotografi adalah kemampuannya dalam menghasilkan format RAW. format RAW sendiri sangat berguna jika anda mengalami salah pilih white balance, atau dengan kata lain tidak perlu bingung bingung mengurusi custom white balance.
berikut ini adalah contoh hasil DNG RAW dari canon a810. dibandingkan dengan hasil Jpegnya
dari gambar ini bisa diambil kesimpulan RAW dapat mengcapture lebih luas dibandingkan jpeg. tapi sebenarnya apa yang dicapture di RAW tidak semua bagus. pada bagian samping terlalu soft, kualitas gambar sangat jelek. oleh karena itu didalam kamera sendiri saat diproses dikonversi ke jpeg akan dilakukan cropping.
 DNG RAW dari kamera

JPEG dari kamera

kedua gambar tersebut diambil dengan menggunakan auto white balance dan menggunakan filter infrared. seperti yang anda lihat unruk mendapatkan hasil yang bagus warna tidak boleh merah flat seperti itu. photoshop pun akan kesulitan mengolahnya. Disinilah kemampuan RAW unggul dengan menggunakan olah RAW dengan able RAWer, anda akan mendapatkan hasil seperti ini.


dan tentunya setelah diolah lebih lanjut dengan photoshop akan menjadi lebih baik berikut contohnya


Sekarang bagusan mana mengandalkan jpeg, atau RAW?
Menurut saya, mendingan menggunakan jpeg saja jika anda yakin dapat mencari white balance yang benar. olah RAW akan membuat anda semakin sibuk dalam proses olah digital. tetapi keunggulan dengan menggunakan DNG RAW di cxhdk ini adalah meskipun anda pilih format RAW, anda akan mendapat 2 file satu DNG RAW satu lagi Jpeg. mendingan dengan CHDK jadinya. selalu cek jpeg dulu, jika ternyata jpeg tidak memadai, baru anda mengedit DNG rawnya.

Sedikit info tentang RAW, RAW adalah format gambar yang langsung ditangkap oleh kamera, dan langsung disimpan di memori, tanpa proses lebih lanjut. hasilnya lebih noise, kurang sharp ( hasil di jpeg lebih bagus karena sudah diproses dalam canon DIGIC ) ukuran RAW juga lebih besar 8X lipat dibanding jpeg. keuanggulan dari RAW adalah banyaknya data yang tersimpan dalam gambar, seperti shadow, highlight, sehingga jika anda mau mengexplore lebih dalam dengan software, hasil akan lebih baik.

klik disini untuk mempersiapkan CHDK untuk camera anda