HOME Mempersiapkan CHDK pada kamera Canon anda >>> shade infrared

Mempersiapkan CHDK pada kamera Canon anda

Diberdayakan oleh Blogger.

13 Nov 2012


kenapa kita perlu memasang CHDK di kamera kita?, CHDK akan menambahkan banyak fasilitas yang tidak kita dapatkan dari kamera saat kita beli berikut ini adalah daftar kelebihannya:

  • Shutter-priority (Tv) eksposur - melalui fitur rana nilai override
  • memotret dengan RAW, bisa dalam bentuk DNG (Digital Negative) yang bisa langsung diedit dengan adobe photoshop.
  • Bracketing-Tv, Av, ISO, dan bracketing Focus, menggunakan script, atau dalam mode waktu terus menerus atau kustom
  • histogram Live ( sudah mirip dslr nih )
  • indikator baterai, he he he defaultnya kalo di canon poket kan baru muncul keterangan jika akan habis
  • pengaturan kualitas video dan kompresinya, video bisa lebih bagus.
  • Zoom selama fungsi video – bisa ngezoom sekarang kalo mau membuat video, tapi suara zoomnya juga kerekam. ini sebabnya video pada pocket kecil tidak bisa dizoom, sebenarnya sih bisa cuma suara zoomnya kerekam keras banget.
  • Custom grid. Banyak pilihan grid untuk membantu framing.
  • Custom flash. dengan memilih custom flash fungsi TTL flash dihilangkan. Diganti menjadi manual sehingga dapat di atur flashnya menjadi 3 tingkatan lemah, menengah dan kuat. Flash hanya nembak sekali, sehingga cocok untuk main strobist di studio dengan mata kucing biasa.

Banyak fitur fitur lainnya yang belum saya coba. Bahkan untuk main game saja bisa.
tampilan CHDK full customizable, info placement, user colors, fonts in menus, File browser, Zebra view, Text reader, Text editor. Calendar, Games.
Scripts execution – termasuk didalamnya intervalometer, motion detection, dan lain lain

karena CHDK untuk  A1200 dan A810 sudah tersedia, anda  dapat mencoba menggunakan CHDK untuk meningkatkan performa kamera anda dan menggunakannya secara lebih kreatif. Dalam menginstalan CHDK ada beberapa cara, Yang saya terangkan ini adalah metode bootable card.

Sebelum mencoba anda harus memahami apa yang dimaksud dengan bootable card method. Penginstalan CHDK dapat di buat agar dapat secara otomatis berjalan setiap kali kamera anda dinyalakan. Proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah SD card yang sudah dirancang untuk kebutuhan, yang disebut dengan bootable card. Untuk dapat menggunakan metode ini. format SD dengan menggunakan metode yang saya terangkan selanjutnya, lalu set card dalam posisi LOCK. Masukkan SD card anda nyalakan kamera maka anda seharusnya melihat CHDK logo, yang menunjukkan CHDK sudah terinstal dengan benar. Jika anda ingin kamera anda kembali ke normal, tidak lagi menggunakan CHDK, maka anda tinggal mengganti bootable SD card anda dengan SD card biasa.

LANGKAH PENFORMATAN SD CARD

pertama tama anda harus tahu firmware dari kamera anda. cara termudah adalah menggunakan ACID. ACID sendiri adalah program berbasis JAVA sehingga jika anda belum menginstall Java runtime enviroment , anda harus menginstallnya dulu. 

kemudian  download ACID pada   
http://www.zenoshrdlu.com/acid/acid.html   unzip dan double clik file runacid.bat. setelah program jalan, klik browse JPEG dan buka foto yang sudah diambil dengan kamera anda. Anda akan mendapatkan informasi dari gambar anda

dibawah ini adalah contoh ACID pada foto yang diambil dengan canon A810 dan canon A1200 

informasi yang paling anda butuhkan adalah camera firmware version.

setelah mendapatkan informasi tentang firmware dari kamera anda, downloade CHDK binary dari situs CHDK  http://chdk.wikia.com/wiki/Downloads  , temukan  zip yang cocok dengan kamera firmware version anda.  silahkan cari di the stable version section, jika tidak ada firmware yang sesuai silahkan cari  firmware yang sesuai di bagian Unstable New Development section.


langkah selanjutnya install cardtrick  bisa anda dapatkan di  
 
masukkan SD card anda di  card reader dan jalankan cardtrick ( hanya berlaku untuk 4 GB SD CARD atau yang lebih kecil)

Langkah pertama, klik gambar SD card dan pilih drive dimana SD card anda. hati hati jangan sampai memformat hardisk anda
Langkah ke 2, tekan tombol format as FAT, ikuti dialog yang akan muncul. 
Langkah ke 3, tekan tombol make bootable. ini akan membuat SD card bootable  pada camera anda.
Langkah ke 4, tekan tombol CHDK-> card cari  CHDK firmware ZIP sesuai dengan kamera yang telah anda download sebelumnya. proses ini akan mengunzip kedalam  SD card.
Langkah ke 5, geser  SD card lock ke posisi  lock. masukkan SD card dan nyalakan camera. anda harusnya  bisa melihat  CHDK logo muncul, berarti semua proses sudah selesai.

Bagaimana jika kameranya ngeblank?  ini berarti anda salah memilih firmware. Jangan kuatir CHDK bukan modifikasi yang bersifat merusak. cukup keluarkan SD card maka kamera akan normal kembali.cari lagi firmware yang tepat dan lakukan lagi langkah yang sudah saya ulas sebelumnya.