Noise pada Pocket IR


Banyak sekali yang tanya dan di beritahu orang lain dan dilarang untuk oprek pocket karena satu hal , noise. Mungkin ada lebih dari 15 orang yang bertanya padaku, noisenya gimana, bagus ngaa, selalu berkisar pada noise. Dari ke 37 buyer ( saat artikel ini ditulis ) Ngaa ada yang tanya lensanya gimana, tajem ngaa. Dynamic rangenya gimana? Padahal itulah yang menjadi perhatianku, tentang noise bukan masalah besar, sekali lagi bukan masalah besar.

Satu hal yang harus dipahami, setiap pocket itu noise biarpun dalam kondisi tidak dioprek, bahkan canon G yang notabene harganya cuma selisih 1 juta dr DSLR tetap noise. So what , hanya DSLR saja yang pantes dioprek? Kalau anda punya pendapat seperti itu maka anda pun harus berpendapat bahwa hanya DSLR yang pantas buat motret normal. Karena pocket memang noise.
Silahkan lihat review hasil foto dari kamera yang telah berhasil ku oprek dalam kondisi full spectrum ( tanpa dipasang filter )

Untuk melihat noise lakukan view actual pixel di photoshop agar noise terlihat jelas. Jangan melihat gambar secara utuh karena dengan itu noise tidak kelihatan. Kalau anda melihat foto kamera pocket lalu anda bilang alus aja tuh ngaa ada noise berarti anda belum paham cara melihatnya. Foto 14mp itu 4200 X 3200 pixel sementara jika anda liat di preview windows atau photoshop dengan toolbarnya berarti paling anda menampilkan sebesar 800x600 pixel jadi jelas gambar diperkecil.

Untuk pembandingannya saya menggunakan view actual pixel lalu saya crop . mega pixel sama sekali tidak berpengaruh pada noise. Tapi pada endingnya ada juga sih pengaruhnya,yaitu pada saat pencetakan..


Brica Z990 9 Mp CMOS sensor

Samsung ES28 12 Mp CCD sensor

Benq C1420 14 Mp CCD sensor

Canon G7 10Mp CCD sensor

Canon 1000D 10 Mp CMOS Sensor ( DSLR pembanding)

Dari foto foto ini silahkan anda nilai bagaimana jumlah noisenya


lalu bagaimana mengatasinya, gunakan plugin noise reduction, seperti noiseware( berbayar) atau freeware noise reduction( free yang kugunakan dalam membuat galeri, fotoku alus alus aja kan , he he he