Penormal, impian tercapai sudah

Penormal kamera infrared, entah ini lebih kearah ambisi pribadi, atau mungkin saja akan banyak peminatnya. intinya saya tidak ingin membuat sebuah kamera menjadi beralih fungsi, dari kamera normal menjadi kamera kamera infrared. saya ingin kamera infrared saya tetap bisa normal.

Benar benar dibikin pusing karena ide ini. Tiffen hot mirror harganya jutaan. Sementara ide awal penormal seperti brica dahulu yang hanya dapat normal 80%  tidak bisa sama sekali di canon a1200 atau kamera lain dengan lensa wide. pada canon DSLR, metode membalik hot mirror didepan juga berhasil dengan pincang. kehilangan sisi wide pada 18 mm membuat cukup frustasi juga.

Setelah berusaha cukup lama ahirnya dapat juga sebuah perusahaan yang mau membuatkan filter UV IR BLOCK khusus buat saya. harganya pun tidak semahal tiffen. meskipun harganya tetap 3X lipat dibandingkan filter Infrared yang mahal juga harganya.

Dalam pengetesan hasil sangat dapat diterima. dapat menormalkan kamera infraredku sehingga sekarang semua kamera pocket infrared dari shade infrared dapat normal 100% berikut ini contoh dari kamera A1200 infrared buatanku yang dipasangi filter penormal.