HOME beda antara kamera modif infrared dengan FLIR >>> shade infrared

beda antara kamera modif infrared dengan FLIR

Diberdayakan oleh Blogger.

1 Feb 2012

Ada hal yang membingungkan tentang kamera infrared jika anda mencari di google dengan keyword infrared camera. Ada kamera yang disebut dengan infrared thermal imaging or FLIR (Forward Looking Infrared Cameras). Kamera ini mampu untuk melacak panas yang keluar dari tubuh atau sesuatu yang memancarkan panas. kamera ini didesain untuk menangkap gambar yang berhubungan dengan panas yang sesuai dengan kebutuhan seperti otomotif, Building Diagnostics, Electrical / Mechanical, Optical Gas Imaging / Furnace Inspection, dan berbagai pekerjaan lainnya. Kamera ini menghasilkan gambar yang menarik tetapi tidak kearah artistik melainkan kearah teknis. Sayang sekali kamera ini harganya sangat mahal. untuk kamera yang paling murah pun harganya tetap diatas 10 juta.


Kamera inframerah biasanya digunakan untuk fotografi bukan hal yang sama seperti kamera thermal imaging .Sistem thermal imaging dapat mendeteksi panjang gelombang lebih banyak dan lebih detail dari sinar IR  dibandingkan dengan kamera yang dimodifikasi untuk inframerah .Kamera inframerah seperti modifan saya hanya mencatat hanya panjang gelombang tertentu radiasi inframerah yang dipancarkan oleh sumber energi inframerah atau, lebih umum, menangkap pantulan kembali dinar inframerah yang mengenai sebuah objek. 

jadi ketika Anda menggunakan kamera fotografi inframerah. objek harus diterangi oleh cahaya infrared, sebagai sampel, matahari, bola lampu atau bahkan flash pada  kamera dapat menghasilkan sinar infrared. Kebanyakan benda (pohon, orang, bukit, dll) tidak memancarkan energi inframerah pada panjang gelombang yang dapat direkam oleh kamera fotografi inframerah.

Mungkin sebenarnya nama kamera  modifikasi ini lebih cocok disebut kamera pencatat pantulan sinar infrared ( haduhhh namanya susah banget) karena kamera ini hanya menangkap pantulan sinar infrared bukan menangkap seluruh spektrum sinar infrared.

Sebagai contoh ketika Anda mengambil foto di hari yang cerah, artinya Anda merekam sinar inframerah yang terpancar dari  matahari. itulah sebabnya Anda dapat mengambil foto infrared yang sangat baik. Tetapi ketika Anda mencoba mengambil foto dalam gelap menggunakan kamera dimodifikasi untuk menagkap sinar infrared, jika tidak ada sumber cahaya infrared, maka Anda akan mendapatkan gambaran yang hitam.
Kamera yang dimodifikasi hanya dapat menangkap rentang infrared sekitar 700nm sampai dengan 1200nm dan sinar infrared pada kamera modifikasi  ini berperilaku  pada dasarnya seperti cahaya tampak dari sudut pandang fotografi. lebih dianggap sebagai seni, bukan sebagai sesuatu yang teknis.

Yang jelas sih aku tidak dapat membuat FLIR camera. hehehe.