tentang white balance


White balance adalah pengaturan kamera yang digunakan untuk mengontrol nada warna keseluruhan dari gambar akhir yang dalam kamera pocket akan menjadi JPEG ( extensi jpg) . fungsi dari white balance ini adalah untuk memberikan informasi kepada kamera tentang seperti apakah warna obyek putih dan menyesuaikan warna yang lain sesuai dengan acuan putih tersebut.
Kamera membutuhkan informasi warna agar warna dapat sesuai dengan kenyataan. Karena pada kenyataannya sumber cahaya yang ada tidak selalu berwarna putih dan pempengaruhi keseluruhan warna contoh, sepotong kertas putih tampak lebih berbeda jika di bawah sinar matahari, diawah sinar lampu tungsten( bolam ) ataupun dibawah sinar lampu flouresen - jika kamera tidak dapat menentukan dengan tepat warna putih dalam berbagai kondisi tersebut maka akan terjadi warna yang salah, misalnya foto kebiru buruan atau kekuning kuningan.
Dalam fotografi infrared , pengaturan white balance sangat diperlukan diperlukan karena inframerah dicatat dalam chanell RED sensor. Oleh karena itu gambar akan tampak sangat merah, terlalu berlebihan , bahkan dalam kondisi tanpa filter infrared karena gambar tercampur dengan penampakan infrared di foto yang secara kasat mata kita tidak bisa melihatnya . untuk mendapatkan warna yang cukup normal maka perlu untuk mengatur white balance secara custom atau manual sehingga gambar tampak lebih nyaman untuk dilihat dalam hal warna dan nada meskipun sebenarnya tetap saja tidak normal seprti yang kita lihat, daripada harus berwana merah.
Mengatur white balance
Dalam pemilihan kamera untuk dioprek ke infrared hal yang paling penting adalah fitur custom white balance ini. Ada beberapa kamera yang memungkinkan Anda untuk mengambil warna acuan sebagai white balance . namun beberapa kamera pocket tidak memilikinya. Nah yang dipilih tentu saja yang memiliki custom white balance.
Beberapa acuan yang baik untuk dijadikan sebagai obyek acuan custom white balance adalah:
untuk penggunaan filter Infrared atau filter red biasanya akan diperoleh hasil yang bagus jika anda menggunakan dedaunan hijau sebagai acuannya.
Sementara untuk filter blue dan tanpa filter gunakan kertas putih, atau kadang untuk mendapatkan warna yang agak beda biasanya saya mengukur melalui kulit saya atau jaket coklat muda kesayangan. Jangan mengandalkan fitur auto white balance karena pasti akan cast merah.
Tidak ada yang pasti dalam fotografi, oleh karenanya silahkan mencoba berbagai variasi dalam custom white balance anda, untuk memperoleh hasil yang sesuai keinginan.