HOME Macam Kamera Infrared >>> shade infrared

Macam Kamera Infrared

Diberdayakan oleh Blogger.

1 Jul 2011



macam macam kamera dengan fitur infrared

untuk newbie yang tertarik dengan kamera infrared tapi masih belum paham dan ingung dengan berbagai versi yang ada, Berikut ini sedikit pandanganku tentang macam macam kamera infrared. Jangan samakan fitur night shot dengan dedicated IR camera dan jangan samakan dengan full spectrum kamera atau falsecolor.

basic digital kamera
sensor camera dapat menangkap sinar dalam rentang panjang gelombang yang lebih luas dibandingkan mata kita. maka agar kamera dapat menghasilkan foto seperti mata kita melihat, memerlukan 2 filter. filter UV ( coating di lensa dan kadang masih dibelikan lagi buat lindungi lensa pada DSLR) dan filter UV IR yang terletak di depan sensor. jika kedua filter dilepas hasilnya adalah false color. warnanya salah karena ketambahan uv dan IR.
Dengan melepas filter UV/IR ( hot mirror ) maka kamera memiliki kemampuan yang lebih dalam menangkap cahaya, speed meningkat,dan dapat melihat dikegelapan jika ada sumber cahaya infrared. dari melepaskan filter UV/IR ( hot mirror ) dapat dikembangkan beberapa jenis kamera infrared.


 1.kamera dengan fitur night shot. ini langsung dari pabrik jadi tidak perlu modifikasi , karena didalam kamera terdapat fitur untuk mengangkat filter UV/IR ( hot mirror ). Night shot diusahakan untuk sekuat kuatnya memotret dengan light minimal, jadinya boost iso,blackwhite, bahkan yang bagus dipasangi iluminated green filter yg dibuat dari phosphor kalo ngaa salah, plus di kamera ditambahi lampu Infrared sebagai ganti flash biar menambahi cahaya. jelas ngaa bagus hasilnya.sangat diluar segi artistik, yang penting bisa kelihatan dalam kondisi kurang cahaya. Tujuan utamanya adalah itu saja sih. contohnya banyak anda lihat ,CCTV, handycam atau kamera sony yg bisa night shot. Brica juga release jenis seperti itu.

2. dedicated IR, ditujukan untuk memblokade semua sinar tampak dan melewatkan sinar IR saja.ciri khas kamera ini adalah filter IR yang dilepas dan diganti dengan filter infrared. Yang terbaik adalah dengan filter hoya R98 ( 980 nm) hasilnya hitam putih, atau yang aga moderat menggunakan hoya R72 ato cokin P007 ato hitech IR.Masih aga bocor menurutku, karena warna masih masuk biarpun minim.hasilnya adalah foto IR hitam putih classic dengan ciri khas daun putih.sangat populer dikalangan luar negeri.

3. false color camera, Ciri khas kamera ini adalah warna warna aneh nan artistik yang diperoleh dengan meletakkan filter warna didepan sensor sebagai pengganti fiter UV/IR ( hot mirror ). sangat populer di Indonesia meskipun sebenarnya di luar aga dianggap aneh. sampai ada forum luar negeri yang membahas tentang apa yang dimasukkan kedalam DSLR orang indonesia. Tapi menurutku itu wajar sih. Orang yang hidup di negara 4 musim, alamnya sangat berwana warni tergantung musimnya. sebagai orang indonesia kita hanya melihat alam yang hijau saja. bunga pun tidak sewarna warni di daerah 4 musim.

4. full spectrum camera. Ciri khas kamera ini adalah dengan mengganti filter UV/IR ( hot mirror ) dengan filter Clear. Intinya agar mendapatkan camera yang dapat melihat spektrum warna seluas mungkin. Kenapa harus diberi filter clear?,filter diberikan untuk kebutuhan auto focus. Sangat populer di luar negeri. Awalnya dkembangkan untuk kebutuhan astrophotography karena dengan kamera seperti ini bisa menangkap bintang sekalian dengan pancaran sinar infrarednya. karena hasilnya cukup bagus, Akhirnya juga dipakai untuk landscape/nature dan model. salah satu kelebihannya adalah fleksibilitasnya.
seperti yang saya tulis diatas, kamera jenis ini adalah kamera yang dihilangkan filter UV/IR ( hot mirror ) tetapi tetap bisa fokus. Berarti ini adalah kamera versi basic. untuk merubahnya menjadi mejadi 3 versi sebelumnya yaa mudah saja. untuk night shot belikan lampu IR , beres deh, mesikpun belum sekuat night shot yg asli tapi cukup mampu melihat dalam gelap. Untuk dedicated IR, beli filter hoya R72/ R98/ cokin P007/ hitech IR atau filter IR yang lain.letakkan didepan lensa, maka jadilah kamera dedicated IR. Untuk flase color sama juga cukup taruh filter warna maka anda dapatkan kamera false color anda semakin banyak koleksi filter warna anda semakin banyak versi yang anda dapatkan dalam satu kamera.Dan jika anda letakkan filter UV/IR ( hot mirror ) didepan makakamera anda akan normal seperti awalnya.

Semua kamera yang kujual adalah masuk dalam kategori full spektrum. Biarpun bisa membuat kamera false color aku tetap mempertimbangkan untuk membuat satu kamera untuk semua. Kameraku sendiri dlam percobaan ada 6 versi kok dan kalo mau bisa kukembangkan menjadi buanyaaaaaak versi, Cuma ibaratnya aku pingin jual alat pancing, bukan ikan, yg kurelease 3 aja, sebagai basic acuan untuk mengembangkan ke versi lainnya oleh pembelinya.dan kelebihan kamera untuk dapat dinormalkan kembali juga salah satu prioritas. Lihat artikelku liput acara dengan DSLR oprekan. Lihat bagaimana dslr oprekan dapat berfungsi normal hanya dengan meletakkan filter UV/IR ( hot mirror ) didepannya.